5 Hal pada Kolong Mobil yang Rutin harus Diperiksa

Bila musim hujan telah datang, para pemilih mobil seperti Anda akan sangat direpotkan karna bodi mobil Anda akan mudah kotor. Begitu pula pada kolong mobil Anda, bagian berselah ini sangat jarang tersentuh karena letaknya yang tidak bisa langsung terlihat jelas. Perlu Anda ketahui, ada bermacam-macam komponen metal yang rentan akan karat dan mudah keropos dibagian kolong mobil tersebut.

Kolong-Bawah-Mobil-Bisa-Berkarat-Saat-Hujan-Lebat

Kotoran seperti daun kering atau tanah yang bercampur air memiliki peran yang besar dalam meningkatnya tingkat korosi pada kolong mobil Anda. Bila dibiarkan terlalu lama, sangat besar kemungkinan akan menimbulkan kerusakan yang makin parah.

Oleh sebab itu, di saat musim hujan Anda perlu meluangkan waktu paling tidak satu minggu sekali untuk melakukan pembersihan pada kolong mobil. Namun, bila intensitas hujan cukup tinggi disarankan Anda membersihkannya dua kali dalam satu minggu.

Agar Anda senantiasa dalam keadaan yang baik, Anda wajib membersihkan dan memeriksa beberapa titik.

  1. Wajib hukumnya untuk selalu membersihkan komponen pada AS roda khususnya mobil berpengerak roda depan. Karena butiran tanah, debu serta kotoran lainnya kerap menempel pada daerah itu dan kerap kali menimbulkan kerusakan karet pelindung AS roda. Bila dibiarkan dalam jangka pangjang, kotoran-kotoran tersebut akan terus menerus menumpuk. Hal ini juga rawan menyerang pelumas pada joint kopel sehingga terbuang dan mudah rusak.
  1. Ada beberapa produsen mobil melengkapi pelindung box mobil dengan lantai, hal ini bertujuan untuk menangkal cipratan air bercampur lumpur atau kotoran pengganggu yang lainnya. Protector ini biasana terpasang dengan klep karet atau mur dan terkadang bisa mengalami kendur. Yang perlu Anda lakukan, pastikan jika bagian ini tidak mengalami kendur sehingga komponen yang ada di dalamnya selalu bersih sehingga mesin mobil Anda tetap terjaga maksimal.
  1. Steering rack juga harus Anda waspadai. Kotoran yang terdapat pada karet boot pelindung sistem kemudi rack dan pinion memiliki pengaruh besar terhadap bocornya oli power steering. Saat membersihkan bagian ini, pastikan juga bahwa tidak ada rembesan oli sehingga sistem kemudi tetap normal seperti biasanya.
  1. Bagian selanjutnya yang tak kalah penting ialah pada sela-sela per suspensi. Bila bagian ini kotor, komponen yang aktif sebagai penopang beban kendaraan akan rawan berdecit dan membuat suasana berkendara menjadi tidak nyaman. Disarankan untuk rutin membersihkan bagian ini mengingat sil karet yang cepat rusak.