Ada Xpander dan Wuling, Avanza Masih Rajanya Sumatera

Tahun ini dunia otomotif Indonesia terbilang semakin panas. Hal tersebut didasari oleh banyaknya mobil-mobil baru yang masuk pasar khususnya mobil keluarga.

Sebut saja Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero yang mulai menunjukkan taringnya. Namun untuk di pulau Sumatera, nampaknya Toyota Avanza masih akan menduduki takhta raja mobil keluarga.

“Market share di Sumatera ini memang mengalami penurunan ketika Xpander awal datang. Tapi bulan Juni-Juli, kita sudah recovery balik. Popularitas Avanza naik lagi,” ungkap Operation Manager Auto2000 Area Sumatera, Judianto di Lampung.

“Kalau Wuling, kita tidak khawatir sebenarnya tapi tetap waspada. Sebab untuk bisa besar di Indonesia dia (Wuling-Red) masih membutuhkan waktu yang cukup lama seperti dilihat resale valuenya dahulu dan lainnya,” tambahnya.

Selain itu, karakteristik pengguna mobil di Indonesia tidak hanya untuk dijadikan sebagai transportasi saja. Namun masih membawa kelas tersendiri. “Orang bawa atau beli mobil itu masih ada gengsinya juga sebenarnya jadi saya sih masih yakin Avanza masih tetap besar (peminatnya-Red). Tapi kan itu semua balik lagi ke masyarakatnya sendiri, kita serahkan ke mereka saja untuk memilih,” kata Judianto.

Pada kesempatan itu pula Judianto memaparkan bahwa di 4 provinsi Sumatera yakni Padang, Medan, Palembang, dan Lampung Toyota Avanza masih sukses menjadi raja mobil keluarga mengalahkan Xpander.

“Secara total, kalau di Sumatera Avanza itu 42,8 persen kontribusinya. Sedangkan Xpander 23,2 persen. Namun ini berdasarkan 4 provinsi saja, ya,” tutupnya.

sumber : oto.detik.com