Cara Memeriksa Kondisi Rem Mobil

Cara Memeriksa Kondisi Rem Mobil1 Rem merupakan salah satu bagian penting dari kebutuhan pengemudi, jika terjadi sesuatu gangguan pada rem mobil anda, sebaiknya lakukanlah perbaikan dan jangan memaksa untuk mengemudikan mobil dalam sementara waktu perbaikan, karena keamanan dan keselamatan berkendara anda bisa terganggu dengan kondisi rem mobil yang kurang normal, oleh karena itu usahakan rem mobil anda selalu dalam kondisi yang baik dan normal. Selain sebagai kelengkapan dalam mengemudi, menjaga performa kinerja rem mobil juga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka lakalantas. rem adalah bagian sistem keselamatan pada sebuah kendaraan khususnya mobil, sebetulnya rem merupakan salah satu komponen yang tidak sulit untuk kita rawat, hanya memerlukan sedikit waktu dan kebiasaan kita untuk memperhatikan rem kendaraan yang kita miliki. Cara Memeriksa Kondisi Rem Mobil2 Pada beberapa kendaraan pada kelas tertentu memiliki system Antilock Brake System atau ABS yang dapat memberitahu kondisi roda tidak berfungsi dengan baik melalui sensor dan di tunjukan pada indikator yang menyala. Namun untuk kendaraan yang tidak memiliki sistem ABS beberapa gejala fungis rem yang membutuhkan perawatan, yaitu.

  • · Jika pedal rem diinjak terdapat getaran atau bunyi yang menandakan permukaan disk brake sudah tidak rata pada permukaannya
  • · Adanya bau hangus yang menandakan terjadinya kebocoran pada kaliper.

Cara perawatan berkala pada rem mobil baik yang menggunakan rem sistem ABS, rem cakram dan tromol:

  • · Biasakan kontrol minyak rem, dan segera isi ulang apabila sudah berada pada batas minimum pengisian.
  • · Kontrol selang-selang mulai dari master atas hingga ke selang bawah pada roda, segera ganti apabila telah ditemukan kebocoran pada selang.
  • · Bongkar ban dan lakukan pembersihan secara berkala, terhadap kaliper, cakram, dan komponen yang lain, dan segera ganti kampas rem apabila terlihat tipis.

Meski hal ini bisa kita jadikan sebagai rutinitas perawatan kendaraan dirumah, tapi perlakuan kita terhadap rem kendaraan yang kita miliki ini tetap terbatas, jika terjadi masalah rem yang cukup serius sebaiknya serahkan kepada mekanik atau bengkel yang berkompeten dalam masalah ini. Perlu kita ingat bahwa sebagian besar dari pemilik mobil mengabaikan perawatan berkala pada rem.