Cara Mengatasi Mobil Mogok di Perjalanan

Bagaimana Mengatasi Mobil Mogok tiba-tiba

Tips Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Pemahaman mengenai tehnik otomotif dan lokasi terjadinya musibah turut menentukan sikap pengemudi dalam menghadapi situasi seperti ini. Jika sang pengemudi mengenal karakter mobil yang dikendarainya dan memiliki bekal yang cukup dalam memperbaiki mobil, maka ia cenderung lebih tenang dalam mengatasinya, lain halnya dengan pengemudi yang hanya mengerti bagaimana cara mengoperasikan mobil.

Mobil mogok bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, bahkan mobil baru atau yang terawat sekalipun tidak menjamin pengecualian dari musibah ini. Namun mobil dengan tingkat operasi tinggi dan minim perawatan tentunya lebih retan terhadap mogok.

Untuk mengantisipasi kepanikan, berikut ini adalah beberapa langkah atau tips menangani mobil mogok yang dapat diterapkan tanpa menuntut pemahaman mendalam mengenai tehnik memperbaiki :

Amankan Posisi kendaraan anda.

Jika mobil anda mogok ditengah jalan, pertama kali yang harus anda lakukan adalah mendorong mobil anda ketepi jalan agar anda dapat leluasa memeriksa kondisi kendaraan anda.

Cek Bagian Penyuplai Daya

Komponen penyuplai daya merupakan komponen penting untuk menghidupkan mesin kendaraan, Cara kerjanya seperti ini Aki sebagai daya pertama untuk menghidupkan mesin mobil yang kemudian tegangan 12 volt aki akan di jadikan tegangan tinggi oleh koil hingga puluhan ribu volt, tegangan tinggi tersebut akan di salurkan ke busi untuk pengapian oleh distributor dan platina atau CDI. Melihat cara kerja tersebut, maka mesin sulit hidup jika terjadi masalah pada komponen aki dan koil. Cara mengatasi mobil mogok pada komponen ini periksa sambungan di tutup kepala pada aki dan pastikan sambungan tidak kendor atau tertutup karat. Periksa juga bagian kabel pada koil untuk memastikan kabel tidak dalam keadaan lepas atau kendor. Jika aki anda mengalami tekor maka jalan keluarnya adalah melakukan charge pada aki anda.

Periksa pengapian

Jika anda yakin pada bagian suplai daya tidak mengalami masalah, anda dapat melanjutkan pemeriksaan pada komponen pengapian. Periksa komponen distributor, CDI atau platina, serta busi. Untuk pengecekan busi anda dapat mencabut setiap busi pada mesin kendaraan dan mencoba melakukan pembersihan.

Arus listrik ke terminal plus koil turun

Penyebab utama dan kerap terjadi pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas adalah tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik.

Cara untuk mendeteksi masalah ini cukup gampang, yaitu periksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi mobil kemudian starter mobil. Bila terdapat percikan api, berarti arus listrik masih ada. Begitu pun sebaliknya.

Bila tidak terdapat arus listrik maka periksalah sambungan kabel, untuk memastikan apakah ada kabel yang tidak tersambung dengan baik. Bila sambungan kabel ternyata tidak bermasalah berarti koil atau platina yang rusak atau kotor.

Pemasok Bahan Bakar

Komponen untuk mensuplai bahan bakar seperti karburator (jika anda menggunakan mobil yang masih menggunakan karburator) dan pompa bensin. Masalah pada karburator bisa terjadi jika karburator kebanyakan bensin atau kekurangan bensin. Cara mengatasinya buka filter udara dari karburator dan biarkan terbuka, lalu hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas, jika belum hidup maka injak pedal gas dalam-dalam lalu nyalakan mesin kembali. Pada bagian komponen pompa bensin lakukan pemeriksaan dengan melepas selang bahan bakar kemudian masukkan ujung selang kedalam botol dan starter mobil anda. Jikal bahan bakar tidak mengalir dengan baik atau tidak lancar berarti pompa bensin tidak berfungsi dengan baik.

Alternator aus

Peranti ini berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Oleh karena itu, bila alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.

Beberapa masalah yang kerap terjadi di alternator adalah :

  1. Gulungan kawat tembaga putus

Beberapa kerusakan yang kerap terjadi di perangkat ini antara lain, putusnya gulungan kawat tembaga. Meski hanya satu di antara beberapa gulungan, hal itu akan mengganggu arus listrik.

  1. Diode putus

Biasanya terdapat enam diode di alternator. Meski hanya satu diode yang bermasalah, itu sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.

Karburator bermasalah

Penyebab mobil mogok lainnya yang kerap dialami pengguna mobil adalah karburator yang bermasalah (bagi mobil yang masih menggunakan karburator). Pada umumnya, masalah yang terjadi adalah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit. Walhasil proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan.

“Ada dua hal yang menyebabkan karburator tidak bisa menyemburkan bahan bakar secara optimal, yaitu setelan klep yang terlalu rapat atau kotor,” kata Daryono.

Cara untuk mendeteksi masalah itu cukup gampang. Lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.