Cara Merawat Mobil Bekas Toyota

 

© gerard uferas Arval Paris 18_03_09

Yang perlu diwaspadai adalah mobil yang bekas kebanjiran, akan betul-betul sangat menyusahkan bagi kita, mulai dari mesin yang kebanjiran, kelistrikan, kita bisa bayangkan bagaimana jika komponen-komponen kelistrikan kemudian terendam banjir, belum lagi interior,  selang-selang, tangki, dll

Setelah mobil dibeli tentunya kita memikirkan bagaimana caranya merawat mobil bekas dengan baik, memang pemeliharaan mobil dari berbagai kerusakan sangat penting, karena jika terlanjur rusak maka hubungannya selalu dengan keuangan, bahkan kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk perbaikan.

tips perawatan mobil

Nah, berikut ini cara-cara merawat mobil bekas yang baru saja kita beli:

  1. Perhatikan kondisi kaki-kaki mobil seperti, ban, rem, sil-sil, dan skok/per, pastikan dalam keadaan baik.
  2. Perhatikan penggantian oli secara berkala, karena oli berperan mengurangi gesekan-gesekan internal di dalam mesin, dengan oli yang sudah usang atau jumlah terlalu sedikit maka akan terjadi gesekan-gesekan yang dapat membuat komponen mesin tertentu cepat rusak atau aus, oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara berkala berdasarkan kebutuhan mesin mobil dan jarak tempuh kendaraan.
  3. Periksa Radiator, karena radiator berfungsi sebagai pendingi suhu pada mesin mobil, dalam skala pemakaian, air radiator perlu diganti, dan periksa kebocoran pada radiator, apabila terjadi kebocoran segera atasi kebocoran tersebut.
    usahakan mobil tidak pernah mengalami kehabisan bahan bakar, karena kekosongan tangki mobil bisa menimbulkan karat yang akirnya tangki menjadi bocor.
  4. Penggantian Timing belt secara berkala, timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. biasanya usia timing belt di tentukan oleh jarak tempuh setiap 40.000 km.
    lakukan Tune up sesekali atau per dua bulan sekali, demi memastikan busi, filter bahan bakar, dan oli bekerja dengan baik.
  5. Rawat cat mobil dengan baik, usahakan terbebas dari air hujan dan air laut, karena air yang mengandung zat asam terlalu tinggi akan mudah merusak cat dan bodi mobil kita.
  6. Sayangi mobil yang sudah anda beli meskipun dalam keadaan bekas, karena kita membelinya dengan uang, hargai jerih payah anda diwaktu membeli.

ac-400x272

Perhatikan karet penyangga

Karet penyangga yang ada pada pintu dapat mudah robek seiring berjalannya waktu. Selain membuat mobil Anda menjadi jelek, karet yang robek akan menimbulkan bunyi berdesing saat berkendara dan dapat berujung pada masalah-masalah seperti bocornya air hujan ke dalam mobil.

Perhatikan velg dan roda

  1. Penggantian roda dan velg yang sudah rusak serta berkarat dapat meningkatkan performa kendaraan Anda. Walaupun biayanya memang tidak murah, mengganti velg dan roda juga adalah salah satu alternatif untuk mengkostumisasi mobil Anda sehingga memiliki penampilan yang sesuai dengan selera Anda.
  2. Jika interior mobil perlu diperbaiki demi kenyamanan penumpang, eksterior mobil perlu diperhatikan untuk menjaga penampilan mobil. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan compound untuk membuat mobil terlihat mengkilat, atau mengecat ulang jika cat mobil sudah terlihat kusam atau banyak goresan. Lebih jauh, Anda dapat memodifikasi body mobil jika Anda bersedia mengeluarkan lebih banyak uang.
  3. Untuk menjaga cat dan eksterior kendaraan agar tetap apik, pakaikan cover pada mobil Anda, terutama jika sedang di parkir di luar garasi. Hal ini bisa membuat cat lebih lama pudar dan menghindarkan mobil dari getah pohon, kotoran burung atau kotoran lain yang sulit dibersihkan.
  4. Dengan melakukan 10 tips mudah merawat mobil bekas/tua di atas, Anda akan dapat menjaga performa dan menggunakan mobil tua Anda selayaknya mobil baru. Anda juga akan merasakan kenyamanan seperti saat Anda mengendarai mobil keluaran baru. Langkah perbaikan juga bisa dilakukan secara bertahap sehingga tidak akan menghabiskan waktu dan uang Anda sekaligus.