Cara Merawat Mobil Toyota Dengan Baik

Mobil diesel sebagai salah satu kendaraan roda empat semakin lama semakin diminati banyak kalangan. Bukan hanya dari harganya yang bervariasi dan makin bisa dijangkau, kini para produsen mobil juga berlomba-lomba menciptakan beragam variasi jenis dan model mobil diesel sesuai dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan peminatnya. Nah tentunya para pemilik mobil diesel juga harus terus memperhatikan mobilnya agar mobilnya tetap awet dan nyaman untuk diajak jalan-jalan. Di momen kali ini Mas Sena akan memberikan beberapa tips cara merawat mobil diesel dengan mudah. Perawatan mobil diesel tentunya harus anda lakukan dengan konstan agar performa mobil anda inginkan dapat di dapatkan dari mobil diesel yang anda miliki. Cara merawat mobil diesel yang akan Mas Sena berikan kali ini merupakan cara-cara yang mudah dan bisa anda ikuti. Yuk langsung saja kita simak.

perawatan-rem-mobil

Tentunya setiap anda akan memakai mobil anda pastikan kalau anda sudah memanasi mesin mobil anda sebelum anda gunakan.

Pemanasan mesin kurang lebih 10 menit berfungsi untuk memberikan pelumasan pada seluruh bagian mesin. Disamping itu juga menghindari terjadinya “kaget” pada komponen mesin yang bergesekan

Sebaiknya anda menggunakan oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan mobil mesin diesel anda, jangan sampai anda terbawa oleh rayuan sales yang menawarkan oli yang tak sesuai kebutuhan anda meskipun harga relatif  lebih murah.

Gunakan oli yang memang direkomendasikan untuk mobil anda.

Nah, jika anda sudah memilih mobil dengan mesin diesel, maka sebaiknya anda menggunakan bahan bakar solar yang berkualitas baik walaupun harganya sedikit mahal.

Biasanya adalah Solardex dari Pertamina. Silahkan anda ganti filter solar anda secara berkala.

Penggantian filter solar secara rutin akan meminimalkan kotoran yang masuk ke mesinmobil diesel anda.

Sebaiknya anda harus mewaspadai untuk penggunaan bahan bakar solar anda jangan sampai pada batas minimum dan terlebih lagi kekosongan.

Hal ini karena pada tanki solar yang minim atcek-mobil

au kosong, akan terjadi pengembunan yang bisa merusak filter solar mobil anda.

Selain itu, ketika anda sudah selesai menggunakan mobil anda, sebaiknya anda jangan langsung mematikan mesin mobi anda terlebih dahulu.

Paling tidak berkan waktu 5 menit mesin tetap menyala baru kemudian anda matikan. Mematikan mesin secara langsung berarti tidak memberikan waktu pendinginan pada komponen mesin yang memuai pada saat perjalanan. Hal ini menyebabkan mesin “stress” sehingga memperpendek umur penggunaannya.

Nah, yang terakhir sebaiknya anda menggunakan spare part yang telah direkomendasikanm dan jangan sesekali menggunakan spare part bukan rekomendasi jika anda tak ingin terjadi hal hal yang tak di inginkan pada mobil dengan mesin diesel anda.

perawatan-mobil

Perawatan Filter Udara
Sebagai paru-paru dari mesin kendaraan, saringan udara perlu dibersihkan dan diganti secara teratur. Jika dibiarkan kotor maka debu yang masuk kedalam ruang pembakaran mesin akan mempercepat keausan komponen yang bergesekan.

Perawatan Filter Oli
Filter oli juga sangat perlu diperhatikan, Setelah dua kali mengganti oli secara rutin atau setelah 10.000 km, sangat disarankan untuk mengganti saringan oli. Saringan oli ini berfungsi menyaring kotoran pada pelumas. Nah jika filter atau saringan oli ini sudah terlalu kotor akan berakibat fatal terhadap komponen mesin diesel mobil anda.

Perawatan Filter Solar
Perawatan saringan yang satu ini juga perlu loh untuk diperhatikan, Untuk meminimalisir masuknya kotoran ke dalam mesin, mengganti saringan solar perlu dilakukan setiap 15.000 km. Sama halnya dengan saringan udara, jika saringan solar tersumbat akibat menumpuknya kotoran, maka performa tenaga yang dihasilkan mesin tersebut akan menurun karena jumlah aliran solar yang dibutuhkan tidak terpenuhi.

Perhatikan Jumlah Bahan Bakar di Dalam Tangki
Perhatikan banyaknya solar di dalam tangki dan jangan sampai tangki solar dalam keadaan hampir kosong. Sangat disarankan untuk mengisi tangki kembali saat solar yang tersisa hanya 1/3 dari total kapasitasnya. Jika keadaan bahan bakar solar di dalam tangki sudah hampir kosong akan mengakibatkan mesin diesel mobil anda tersendat bahkan tidak mau di hidupkan. Hal ini terjadi karena minimnya bahan bakar di tangki di barengi dengan goncangan kendaraan akan menimbulkan gelembung-gelembung udara pada saluran bahan bakar yang mengakibatkan mesin mobil tersendat bahkan mati.