Honda: Mobil Seperti Civic Type R Lakunya Cepat di Indonesia

Pada pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) Agustus 2017 lalu, PT Honda Prospect Motor mengenalkan mobil hot hatch andalannya, Civic Type R. Hanya ada sekitar 50 unit Civic Type-R yang didatangkan Honda pada tahun ini.

Sebanyak 40 di antaranya sudah dipesan sebelum GIIAS dan 10 unit lainnya khusus untuk GIIAS. Meski harganya terbilang tinggi yakni sebesar Rp 995 juta (OTR Jakarta), namun menurut Honda Civic Type-R sudah banyak yang menanti.

“Yang kayak gitu mah lakunya cepat disini. Sudah ditunggu-tunggu itu,” kata Asisten Manager Public Relation HPM, Julian Karfili di Jakarta.

Mobil ini hadir dengan pilihan warna championship white, rallye red, brilliant sporty blue metallic dan sonic grey pearl. Di tahun depan akan ada penambahan warna baru yaitu crystal black pearl dan polished metal metallic. Untuk warna dengan bahan dasar metallic dan pearl dikenakan penambahan biaya Rp 2.000.000.

Mobil performa tinggi ini diklaim mampu memiliki kecepatan terbaik. Bahkan, mobil ini sudah dites di salah satu sirkuit legendaris dunia, tepatnya di Sirkuit Nurburgring. Dan Civic Type R ini menjadi salah satu mobil tercepat yang pernah menaklukkan sirkuit itu.

Honda Civic Type R dibekali dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm.

Tenaga Honda Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi. Fungsi ini dapat dinyalakan dan dimatikan pada pengaturan di dalam mobil.

Honda Civic Type R juga dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang lebih responsif dan juga stabilitas kecepatan tinggi yang telah ditingkatkan. Di bagian depan, Honda Civic Type R dilengkapi suspensi MacPherson Strut yang meminimalkan torsi pada setir dan memaksimalkan handling.

Sementara di bagian belakang, Multi-Link Suspension membantu Honda Civic Type R memperbaiki kestabilan saat mengerem serta mengurangi perpindahan body saat tikungan.

Honda Civic Type R juga dilengkapi dengan Four-Wheel Adaptive Damper System yang memberikan kualitas berkendara superior dan performa yang luar biasa. Untuk memberikan kenikmatan berkendara di setiap situasi, tersedia pula tiga mode mengemudi, yaitu Comfort untuk sensasi berkendara harian di dalam kota, Sport untuk sensasi berkendara yang lebih sporty dan +R untuk sensasi berkendara mobil balap di sirkuit.

PT Honda Prospect Motor (HPM) merilis Honda Civic Type R di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Selama 11 hari pameran, `hot hach` itu sukses menjadi magnet hajatan otomotif tahunan tersebut.

Honda Civic Type R terjual sebanyak 25 unit selama GIIAS 2017 berlangsung. Padahal, pabrikan berlambang `H` itu hanya mematok target penjualan Honda Civic Type R sebanyak 10 unit.

“Kami bersyukur atas antusiasme yang luar biasa dari konsumen di GIIAS 2017, terutama untuk Honda Civic Type R yang untuk pertama kalinya kami bawa ke Indonesia. Terlepas dari reputasi dan nama besarnya, kami percaya kesuksesan Honda Civic Type R di Indonesia juga didukung eforia mesin VTEC Turbo yang telah kami perkenalkan untuk beberapa model Honda di Indonesia sejak tahun lalu,” kata Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Selain Honda Civic Type R, jenama Jepang itu juga berhasil meraup Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 5.545 unit. Sayangnya, tidak diuraikan hasil perolehan masing-masing model yang mereka jual selama GIIAS 2017.

Civic Type R dibekali mesin Honda VTEC Turbo 2,0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 320 PS dan torsi 400 Nm. Menyoal transmisi, Honda hanya menyediakan transmisi manual 6 percepatan dengan modus berkendara `Sport` dan `+R1`.

Soal performa Honda Civic Type R tak perlu diragukan lagi. Sebab, dia berhasil memecahkan rekor lap time untuk mobil penggerak roda depan di Sirkuit Nurburging, Jerman. Catatan waktu yang ditorehkan adalah 07.43.80.

Sementara urusan ekterior, lekukan bodi seakan berotot dan pelek ukuran 20 inci pada Civic Type R menunjukkan kesan sporty-nya. Kesan sporty Civic Type R ditambah lagi dengan adanya body kit dari bumper depan hingga belakang. Serta, pemasangan knalpot tiga pipa yang diposisikan di tengah bumper belakang.

Adapun, Honda menyediakan 4 pilihan warna bagi Anda yang menginginkan Civic Type R ini. Keempat varian warna itu yakni Rallye Red, Briliant Sporty Blue Metalic, Championship White, dan Sonic Gray Pearl.

Lalu, pada tahun depan Honda akan memperkaya varian warna Civic Type R dengan Crystal Black Pearl dan Polished Metal Metalic. Bagi Anda yang ingin membawa pulang Civic Type R ini, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 995 juta.