KIA Stonic : Satu Lagi Crossover dari Negeri Ginseng

Mobil SUV Crossover saat ini tengah booming dan jadi incaran di berbagai dunia. Kia mengantisipasi perkembangan itu dengan merilis sebuah mobil baru yang dinamakan Stonic.

Diperlihatkan pertama kali di Frankfurt Motor Show, mobil terlihat eye catching, dengan desain yang menurut Kia bisa dikustomisasi terserah kemauan pengguna.

Seperti biasa, bagian depan mobil mengusung desain khas Kia yakni grille dengan desain hidung macan. Atapnya memiliki model targa dengan bodi cat dua warna. Total Kia menyediakan 20 pilihan dwi warna untuk dipoles di mobil. Sementara untuk bagian atap, Kia menyediakan 5 pilihan warna.

Mobil diperkuat dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang masing-masing dikombinasikan dengan transmisi manual. Stonic akan mulai dijual di Eropa pada kuartal ketiga tahun 2017.

Selain Stonic, Kia juga memperlihatkan mobil konsep Proceed Concept. Mobil dipamerkan dalam ruangan yang menyilaukan mata dan sangat kontras. Mobil hot hatch ini didesain di markas desain Kia Eropa.

Baru – baru ini kehadiran gambar Hyundai Kona yang sednag di tes tanpa kamuflase nampaknya membuat banyak orang tertarik, hal tersebut bisa dimaklumi karena Hyundai Kona akan menjadi Crossover yang akan menantang beberapa produk fenomenal seperti Honda HR-V, Toyota C-HR, dan juga Mazda CX-3.

Namun ternyata secara diam – diam, kompatriot dari Hyundai yaitu KIA juga menyiapkan jagoan untuk bertanding di kelas yang sama. Dan kabar terbaru menunjukkan bahwa sebuah sketsa dari sebuah crossover milik KIA telah dirilis ke publik. Mobil tersebut akan berada di kelas yang sama dengan Hyundai Kona dan kawan – kawan, dan KIA memberi nama crossover ini KIA Stonic. Sepintas kita akan berpikir, apakah nama KIA Stonic berhubungan dengan kata Stone dalam kamus bahasa Inggris, jadi kasarnya apakah model ini terinspirasi dari ketangguhan sebuah batu? Jawabannya salah.

Ternyata nama KIA Stonic adalah sebuah akronim yang terdiri dari dua kata, yaitu Speedy dan Tonic, jadi KIA Stonic adalah tonik khusus bagi anda yang suka ngebut. KIA Stonic sendiri kabarnya akan dijual di paruh kedua tahun ini, namun memang sampai saat ini belum ada bocoran mengenai model riilnya. Dan seperti produk – produk lain dari KIA, KIA Stonic mendapatkan beberapa ciri khas seperti grille tiger nose, dan lampu depan model trapezoidal.

KIA Stonic juga memiliki lekuk badan yang tegas di beberapa sisi, dengan fender yang juga kokoh serta lampu belakang yang cantik yang seperti kebalikan dari model lampu depannya. Mobil ini juga mendapatkan Protective skid plates dan twin exhaust yang menunjang penampilan ala crossover miliknya. Sisi dalam dari mobil ini juga menyiratkan gaya interior ala KIA modern yang cenderung minimalis, dengan layar infotainment model floating, dan beberapa detail yang mengingatkan kita pada model interior KIA Picanto.

Seperti beberapa produk buatan KIA dan Hyundai, KIA Stonic akan berbagi beberapa komponen mekaniknya dengan Hyundai Kona yang sebelumnya sudah banyak diberitakan media. Untuk urusan mesin, KIA Stonic kabarnya akan menggunakan mesin 1.400 cc empat silinder T-GDI yang dibekali turbo, dan juga mesin diesel 1.600 cc CRDi yang diperkirakan akan dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan ataupun otomatis 7 percepatan Dual Clutch.

Jadi, demam crossover sepertinya akan terus berlanjut, dan berikutnya adalah giliran para pesaing asal Korea Selatan yang akan unjuk gigi. Menarik tentunya jika nantinya Hyundai Kona maupun KIA Stonic mampir ke tanah air, sehingga Honda HR-V, Nissan Juke, Suzuki SX4 SCross, mazda CX-3 dan Chevrolet Trax punya lawan yang akan mengganggu mereka.