Kuliner Thailand

Lokasinya dekat dengan Indonesia, biaya hidupnya murah, alamnya cantik, budayanya mantap, dan makanannya pun enak-enak. Thailand adalah salah satu negara yang paling kerap kami kunjungi, dan pastinya kulineran adalah salah satu hal yang paling kami nikmati di sana!

Kebetulan Sensodyne lagi mengadakan campaign Enjoy Tanpa Ngilu, sebuah ajakan untuk mengabadikan momen berharga bersama teman atau keluarga sebagai wujud komitmen untuk terbebas dari rasa ngilu akibat gigi sensitif yang dapat merusak momen berharga dalam hidup.

Karena itu kami terinsipirasi untuk menuliskan highlight makanan favorit kami di Thailand! Semoga bisa berguna buat yang kalian yang menang Enjoy Tanpa Ngilu dan bisa kulineran di Thailand ๐Ÿ˜‰

1. Tom Yam Kung: Thai sour and spicy soup with shrimp

Tom yam kung mungkin adalah makanan Thailand yang paling terkenal di dunia. Tom yam adalah sup asam pedas berwarna oranye. Tom berarti sup (rebusan), sedangkan yam merujuk pada salad asam pedas khas Thai dan Lao. Biasanya tom yam dibuat dengan ikan (tom yam pla) atau udang (tom yam kung).

D:\Lephex\Artikel\1.jpg

Rasanya yang asam dan pedas berapi ini cocok buat lidah Indonesia. Sedikit mengingatkanku pada salah satu makanan Indonesia favoritku yaitu sayur asam karena rasanya yang asam. Bumbu kuahnya terdiri dari sereh, lengkuas, air jeruk nipis, fish sauce, daun jeruk purut, dan tentunya cabai pedas. Warnanya yang oranye kemerahan menyala didapat dari sambal nam prik pao yang biasanya digunakan.

Menyantap semangkuk tom yam kung panas, yang berisi udang berukuran besar nan gurih ditambah kuah asam pedasnya. Ditambah keharuman aroma rempah yang tercium dari uap panas kuah tom yam kung pasti akan membuat kalian ngiler, dan tidak ingin kehilangan moment menikmati tom yam kung. Jangan salahkan siapapun kalau kemudian kalian menyantap makanan dengan lahap.

2. Mango Sticky Rice atau Khao niew mamuang

Mango Sticky Rice kira kira begitu kebanyakan turis mengenalnya. Namun nama lokalnya dikenal dengan Khao niew mamuang, yaotu makanan berupa ketan bersantan dengan mangga. Mango Sticky Rice atau Khao niew mamuang ini wajib kalian coba saat traveling ke Thailand. Sudah pasti Mangga itu ena kan? Nah kalau ditambah dengan ketan bersantan yang gurih nan legit gimana? Surga dunia!

D:\Lephex\Artikel\1.jpg

Mulut kalian akan berbahagia, mengunyah tanpa henti, bahkan mungkin nambah lagi ketika menyantap Mango Sticky Rice atau Khao niew mamuang ini. Empuknya daging buah mangga yang manis nan juicy, dipadu gurihnya ketan bersantan, siapa yang bakal lupa atau tidak suka?

Mungkin tidak ada ya! Menemukan Mango Sticky Rice atau Khao niew mamuang ini cukup mudah. Karena banyak ditemukan di pedagang kaki lima di pinggir jalanan Bangkok. Daerah yang terkenal enak menjual makanan ini berada di kawasan Sukhumvit Soi 38 Night Food Market. Beli yang banyak, karena di Indonesia akan jarang ditemui.

 

3. Tom Kha Gai: Thai coconut soup with chicken

Walaupun kalah terkenal dengan tom yam kung, sup yang satu ini adalah makanan terfavoritku di Thailand! Tom kha gai adalah sup creamy asam manis yang terbuat dari ayam (gai) yang dimasak (tom) dalam santan, dengan potongan lengkuas (kha), sereh, dan daun jeruk purut.

D:\Lephex\Artikel\1.jpg

Rasanya yang manis asam segar mengingatkanku pada sayur asam, salah satu makanan Indonesia favoritku. Dalam medium santan yang lembut nan creamy seperti susu, aroma sedap menguar dari sereh dan lengkuas. Ditambah dengan potongan-potongan ayam dan jamur yang sangat aku suka, duh! Heaven inside my mouth! Setiap kali berkunjung ke Thailand, tom kha gai pasti menjadi makanan pertama yang aku cari.

Sup santan ayam ini biasa disajikan dengan nasi. Seperti halnya tom yam kung, tom kha gai biasanya disajikan tidak sendiri, namun dengan hidangan lauk dan hidangan salad lainnya.

Beberapa kali beli, disajikan di meja panas-panas langsung dari kompor. So itโ€™s best enjoyed without sensitive teeth!