Mari menikmati jajanan thailand

 

1. Kaeng Khiao Wan: Green curry

Chiang Mai di Thailand utara adalah bagaikan Ubudnya Indonesia. Kota favorit para expat, digital nomad, dan backpackers, yang ingin menikmati kebudayaan dan kuliner lokal. Tak ketinggalan kami yang sempat tinggal di Chiang Mai beberapa bulan. Jika mampir ke Chiang Mai, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar masak makanan khas Thailand yang tersedia di mana-mana. Salah satu hidangan favorit yang sering diajarkan ke para turis adalah green curry.

Pagi akan dimulai dengan belanja bersama di pasar tradisional, bahan-bahan masakan yang akan dimasak hari itu. Mataku terpaku pada gundukan-gundukan besar serbuk basah nan padat dengan warna-warni ceria dan tajam. Itu adalah curry paste. Tapi tunggu dulu, walaupun itu adalah curry paste untuk membuat curry yang akan dimasak hari ini, kami tak perlu membelinya, karena hari ini kami akan membuat curry paste kami sendiri!

C:\Users\agung\Downloads\Artikel\Nam_tok_moo.jpg

Green curry adalah curry hijau manis khas Thailand. Warna hijaunya berasal dari cabe hijau. Berbeda dengan kari dari India, kari Thailand cenderung lebih lembut rasanya, dan creamy akan santan. Tidak terlalu banyak menggunakan rempah khas kari, menonjolkan dedaunan dan herba aromatik. Kami kembali ke rumah tempat kami memasak. Bawang merah, lengkuas, kunyit, sereh, akar ketumbar, dan bahan lainnya, tak lupa cabe hijau, ditumbuk halus menjadi satu.

Green curry paste buatan sendiri pun jadi! Curry paste ditumis dengan minyak panas dan daun jeruk purut, kemudian digoreng bersama dengan potongan daging ayam dan takokak alias terong super mini. Tambahkan santan, dan potongan sayuran seperti terong dan jagung mini, rebus hingga matang. Sajikan panas-panas di mangkok, hias dengan potongan cabe merah segar dan daun ruku-ruku yang mirip dengan kemangi, dengan nasi sebagai pendamping. Thai green curry yang pedas manis lembut siap dinikmati!

Selain itu ada pula red curry, yellow curry, dan massaman curry khas Thailand.

2. Kuliner Favorit Di Bangkok Yang Bikin Ngiler : Pad Thai

Pad Thai ini adalah kuliner Thailand yang populer sebagai jajanan kaki lima. Karena itu enggak salah kalau makanan bernama pad thai ini berada di salah satu urutan teratas makanan terlezat di Thailand. Buat yang belum tahuu apa itu pad thai, Pad thai ini adalah sajian bihun goreng yang terkenal di Thailand. Agak berbeda dengan bihun goreng yang disajikan di Indonesia, pad thai di Thailand ini hanya dibumbui dengan asam dan air jeruk nipis.

C:\Users\agung\Downloads\Artikel\Nam_tok_moo.jpg

Makanan bernama Pad Thai ini terkandung sayuran pelengkapnya yang cukup unik. Tauge, daun ketumbar, acar lobak, dan jantung pisang menjadikannya makin enak. Untuk campuran lainnya, selain ayam atau udang, pad thai biasanya juga dicampur dengan telur dan tahu, serta ditaburi kacang goreng sehingga makin gurih ketika disantap. Cobalah pad thai di Thip Samai, restoran yang legendaris di Bangkok untuk menu yang satu ini. Alamat Thip Samai ini berada di 313 Mahachai Rd, Samranrat, Phra Nakorn, Bangkok.