Penyebab perut sebelah kiri sakit

 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Dan Kanan Bagian Bawah Penyebab perut sebelah sakit dikarenakan ada beberapa hal, perut sebelah kiri dibagi 2 atas dan bawah

Penyebab perut sebelah kiri bagian atas:

  1. Infeksi ginjal
  2. Batu ginjal
  3. Usus besar robek
  4. Kanker
  5. Pneumonia
  6. Cedera

Penyebab perut sebelah kiri bagian bawah

  1. Radang Usus Buntu
  2. Cedera
  3. Kanker
  4. Infeksi batu ginjal
  5. Usus besar robek

Bukan hanya pria saja wanita juga bisa terkena sakit perut bagian kiri, khusus bagi wanita sakit perut sebelah kiri bagian bawah

  1. Kista ovarium
  2. Rasa sakit karena Ovulasi
  3. Infeksi pada ovarium
  4. Masalah leher rahim

    Kondisi-kondisi di atas adalah penyebab serius sakit perut sebelah kiri.Namun ada pula beberapa kondisi ringan yang menyebabkan Anda merasakan sakit perut sebelah kiri, baik di bagian atas maupun bawah.Kondisi lebih ringan tersebut seperti masuk angin, konstipasi, karm akibat menstruasi, keracunan makanan, atau alergi.

Penanganan sakit perut sebelah harus di sesuaikan dengan penyebabnya. Ada yang bisa ditangani di rumah karena sakit perut yang ringan, ada juga yang mengonsumsi obat dan harus dibawah ke dokter karena penyebabnya di golongkan serius

Cara mengatasi sakit perut sebelah kiri

Sebagai penangan awal, anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan melakukan hal hal sederhana dirumah seperti:

  1. Ketika rasa sakit menyerang perut sebelah kiri, lebih baik Anda berbaring dan beristirahat hingga rasa sakit berkurang.
  2. Sambil berbaring, Anda juga bisa mengompres perut yang sakit dengan handuk yang telah direndam air hangat.
  3. Perbanyak mengonsumsi air putih dan minum secara perlahan-lahan. Hindari mengisi perut Anda dengan minuman berkafein atau berkarbonasi, seperti teh, kopi,atau minuman soda. Hindari juga minuman berakohol.
  4. Hindari mengonsumsi obat anti inflamasi non-steroid, seperti aspirin dan ibuprofen.
  5. Hindari makanan pedas dan berlemak tinggi guna menghindari rasa sakit yang makin parah.

   Perlu diketahui bahwa metode di atas hanya sekedar langkah penaganan awal saja, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan pakarnya agar cepat dilakukan penangan yang lebih intens sebelum sakit perut sebelah kiri makin parah dan menyebabkan berbagai gangguan yang tidak menyenangkan

Cara Mengobati sakit sebelah kiri perut

   Tapi sebelum melaksanakan pilihan pengobatan ini, pasien harus menjalani berbagai tes dan scan untuk mengidentifikasi penyebab utama dari rasa sakit dan bagaimana cara menanganinya.

   Dokter mungkin merekomendasikan X-ray dantes MRI untuk diagnosis lebih lanjut dari kondisi tersebut.Hal ini juga baik untuk diingat bahwa ketika gejala tersebut terdeteksi dan diobati pada waktunya untuk menyingkirkan infeksi sebelum kondisinya menjadi parah.

   Infeksi saluran kemih, sembelit dan sindrom iritasi usus besar dapat diobati melalui obat resep dokter dan beberapa obat-obatan lainnya.

   Kebanyakan orang mendapatkan infeksi ini karena miskin pilihan makanan dan itulah mengapa selalu dianjurkan untuk makan diet seimbang setiap hari sebagai tindakan pencegahan.

   Masalah yang terkait dengan sakit atau nyeri perut lainnya juga dapat diselesaikan dengan minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.Beberapa masalah pencernaan mungkin timbul sebagai akibat dari kurangnya cairan yang cukup untuk melumasi berbagai organ di dalam perut dan ini dapat menyebabkan dorongan yang menyakitkan untuk mengeluarkan sisa hasil pencernaan.

   Nah demikian cara mengobati dan mengatasi penyebab sakit perut sebelah kiri. Jika anda mengalami penyakit tersebut segera obati atau kunjungi ke dokter untuk konsultasi, jika terlambat penaganannya akan semakin buruk.