Radang Lambung

   ini-4-fakta-tentang-radang-lambung-yang-harus-diketahui   Radang Lambung merupakan penyakit yang berupa mual diperut, bahkan pada sebagian orang bisa sampai muntah. Terbiasa telat makan, makan makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam menjadi penyebab timbulnya radang lambung. Makan makanan yang bergizi bisa jadi solusi sehat dalam mencegah penyakit radang lambung.

   Masalah pada lambung sebenarnya tidak selalu maag, namun saat ini kita masih sering menjumpai orang yang mengaku terkena penyakit maag, hanya karena sering mual. Padahal banyak sebab bahwa seseorang mengalami mual, dan itu tidak melulu karena maag. Salah satu penyebab mual selain maag adalah karena adanya radang lambung.

   Radang lambung atau lebih dikenal dengan sebutan gastritis adalah penyakit yang menyerang daerah lambung. Pada penderita radang lambung atau gastritis, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan berparut atau luka. Selain luka pada dinding lambung, juga luka pada usus 12 jari.

   Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis. Radang kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal. Hal ini sering dapat menimbulkan peradangan di seluruh lapisan dinding lambung.

   Radang lambung dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Radang lambung dapat menimbulkan pendarahan (hemorrhagic gastritis) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul di lambung, penderita akan muntah yang mengandung darah yang berwarna cokelat seperti kopi.

   Pada penderita radang lambung akut, sering mengeluhkan adanya suatu gejala dengan perasaan lambung tak enak, kram perut, indigesti, nafsu makan berkurang, mual dan muntah. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung dalam beberapa jam hingga beberapa hari.

   Faktor penyebab terjadinya radang lambung pada dasarnya adalah mukosa (selaput lendir) lambung yang tipis/rusak sehingga tidak tahan terhadap asam lambung dan pepsin yang berlebihan karena menurunnya kemampuan fungsi mukosa lambung tersebut.

   Faktor lain yang akan memperparah radang lambung (maag) jika mukosa lambung tidak diperbaiki yaitu :

  1. Adanya stres dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang
  2. Adanya asam lambung dan pepsin yang berlebihan
  3. Waktu makan yang tak teratur, sering terlambat makan, atau sering makan berlebihan
  4. Terlalu banyak makanan yang pedas, asam, minuman beralkohol
  5. Konsumsi obat-obatan tertentu dengan dosis tinggi atau iritasi lambung

Gejala dari radang lambung atau gasritis mempunyai beberapa seperti berikut:

1.mual dan sering muntah

2.perut terasa nyeri, pedih pada bagian atas perut

3.nafsu makan menurun secara derastis, wajah pucat, suhu    badan naik, keluar   keringat dingin

4.sering bersendawa terutama bila dalam keadaan lapar

5.sulit untuk tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut

6.kepala terasa pusing dan pada radang lambung terjadi pendarahan

   Gejala radang lambung akan lebih bertambah serius lagi dibandingkan sebelumnya, karena radang lambung bisa menyebabkan penderitanya selalu merasa nyeri pada bagian perut ketika radang lambung kambuh. Radang lambung juga tidak hanya menimbulkan rasa perih pada bagian perut hingga dada.

   Penyakit radang lambung jika semakin lama di diamkan akan semakin membuat lambung rusak akibat luka yang smakin parah. Karena hal itu terjadinya radang lambung tidak bisa di biarkan, karena penyakit radang lambung semakin parah maka lakukan agar membantu mengatasi radang lambung

  1. tidak telat makan
  2. makan makanan sehat
  3. jauhi makanan tidak sehat
  4. tidak merokok
  5. olahraga
  6. istirahat yang cukup