REKOMENDASI KULINER CIREBON YANG WAJIB KAMU CICIPI

REKOMENDASI KULINER CIREBON YANG WAJIB KAMU CICIPI Sate Kalong

Nasi Jamblang Mang Dull

Nasi Jamblang sudah sangat terkenal dan menjadi ikon kota Cirebon. Dikenal dengan nasi jamblang karena nasi ini berasal dari sebuah desa di Cirebon yang bernama desa jamblang. Penyajian nasi jamblang tergolong unik, karena nasi sukuran kepalan tangan dibungkus dan disajikan terbungkus daun jati. Nasi jamblang yang cukup terkenal disini adalah milik Abdul Rojak atau lebih terkenal dengan nama Mang Dull yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Setiap hari warung Nasi Jamblang Mang Dull cukup ramai dikunjungi orang-orang yang ingin menikmati kelezatan nasi jamblang ini, apalagi sekitar pukul 06.00 hingga pukul 08.00 pas jam-nya sarapan. Untuk pengambilan lauk pauknya secara prasmanan, dan pilihannya bermacam-macam seperti : sambal goreng, sayur, tahu-tempe goreng, telur dadar, perkedel, dendeng, rendang, dan macam-macam pepes. Biasanya pengunjung bisa menghasbiskan 2 – 5 bungkus nasi jamblang.

Sate Kalong

Wisata kuliner cirebon yang pertama ini adalah sebuah makanan khas dari Cirebon, yang walaupun namanya adalah sate kalong akan tetapi bahan dasar dari sate kalong ini bukanlah daging kelelawar akan tetapi bahan dasar dari sate kalong ini adalah daging kerbau.

Kuliner di cirebon sate kalong ini di jajakan pada waktu mulai magrib sampai dengan tengah malam. Sekedar informasi saja, untuk rasa dari sate kalong ini terdiri dari rasa asin dan rasa manis.

Nasi Lengko Pagongan

Satu lagi jenis nasi yang digemari masyarakat Cirebon, yaitu nasi lengko. Yang paling terkenal adalah milik H. Barno di jalan Pagongan sejak tahun 1968. Warung Nasi Lengko milik H. Barno ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Nasi Lengko cenderung lebih mirip dengan nasi pecel, berisi irisan timun kecil-kecil, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu, kemudian disiram dengan bumbu kacang pedas serta taburan bawang goreng yang menambah nikmat rasanya. Menu pendamping yang cocok dengan Nasi Lengko ini adalah sate kambing bumbu kacang. Semua makanan disini masih dimasak menggunakan kayu bakar dan arang, sehingga kualitas rasanya selalu terjaga.

Teh Poci

Tentu saja anda sudah tidak asing bukan dengan minuman khas Cirebon yang satu ini? Teh Poci mulai naik kasta setelah ada lagu yang membahas tentang teh poci ini. Seperti rasa dari teh yang lainnya, rasa dari teh Poci ini juga hampir sama dengan teh yang lainnya.

Teh hijau melati biasanya sebagai bahan dasar dari teh poci ini dan minuman ini merupakan minuman khas Kota Cirebon.

Empal Gentong Mang Darma

Empal Gentong Mang Darma sudah cukup terkenal di telinga penikmat wisata kuliner di kota Cirebon. Terkenal dengan nama empal gentong karena memakai bahan dasar empal atau daging dengan sedikit lemak dan dimasak menggunakan gentong atau kuali besar selama 10 jam. Mang Darma sudah merintis usahanya sejak tahun 1948, tak heran kelezatan empal gentongnya sudah menyebar kemana-mana. Walaupun namanya empal gentong, sebenarnya masakan ini lebih mirip dengan masakan gulai atau soto daging. Untuk isiannya pengunjung bisa memilih daging atau jeroan seperti limpa, paru, hati, usus, dan babat. Setelah itu daging yang dipilih dipotong kecil-kecil dan disiram dengan kuah panas , lalu ditaburi dengan bawang goreng dan daun bawang. Biasanya disajikan dengan nasi putih atau lontong, tinggal tergantung selera pengunjung. Untuk pelengkapnya biasanya disediakan kerupuk rambak atau derokdok yang akan menambah nikmat rasa Empal gentong.