Sering Kena Macet? Ganti Oli Tiap 5.000 Km

Screenshot_10

Saat ini, kemacetan di jalan sepertinya telah menjadi teman perjalanan pulang-pergi banyak orang. Tak jarang pengemudi mobil terjebak macet hingga berjam-jam tanpa ada tanda-tanda macet bakal berhenti.

Penggantian oli mobil pada buku manual pabrikan disarankan untuk dilakukan setiap 7.500 km atau 10.000 km. Tetapi, jika Anda sering melewati jalan macet dan terjebak kemacetan, sebaiknya ganti oli setiap 5.000 km.

Mobil yang sering dibawa melewati jalan padat merayap akan membuat umur mesin menurun. Buku panduan dari pabrikan yang menyarankan penggantian oli secara berkala tiap 7.500 km atau 10.000 km menggunakan penghitungan pada jalan bebas hambatan.

Mobil yang tidak terkena macet dapat menempuh sekitar 200 km dalam 2 jam, sedangkan saat terjebak macet, selama 2 jam mobil hanya bisa menempuh sekitar 10 km. Apalagi ketika macet mobil hanya bergerak sedikit demi sedikit atau bahkan berhenti sama sekali dengan keadaan mesin menyala.

Mesin mobil mendapat tekanan paling tinggi ketika mobil berhenti dalam waktu lama dengan keadaan mesin menyala. Hal tersebut sangat membahayakan bagi mesin mobil karena dapat menyebabkan keausan mesin mikroskopis di bagian penting mesin mobil.

Dengan memperhatikan bahaya dan juga umur mobil, sebaiknya penggantian oli mobil dilakukan setiap 5.000 km agar performa mesin mobil tetap terjaga dan Anda tak akan dipusingkan dengan kerusakan mesin di tengah jalan.