Tempat Wisata di Tegal

 

Tegal merupakan nama dari Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Kabupaten Tegal beribukota di Slawi sedangkan Kota Tegal beribukota di Kota Tegal sendiri. Ada berbagai tempat wisata menarik baik di Kabupaten Tegal maupun di Kota Tegal.

Salah satu wisata di Tegal yang sudah sangat Populer adalah Pemandian Air Panas Guci. Tempat ini selalu ramai didatangi wisatawan terutama saat musim liburan tiba. Berikut ini adalah Daftar 12 obyek wisata populer di Tegal selengkapnya.

Tirta Waduk Cacaban

C:\Users\agung\Downloads\Artikel\1.jpg

Tirta Waduk Cacaban merupakan tempat wisata di Kabupaten Tegal yang indah. Pemandangan di wisata ini adalah berupa bangunan waduk yang dibangun sejak tahun 1952 dan peletakan batu pertamanya dilaksanakan oleh Presiden Soekarno.

Waduk Cacaban sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi bagi persawahan disekitarnya namun juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten TEgal sebagai obyek wisata yang sangat potensial. Dan memang selama ini Tirta Waduk Cacaban dikembangkan secara serius menjadi obyek wisata. Hal itu dibuktikan dengan pembangunan beberapa fasilitas di sekitar waduk seperti bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, warung apung, kapal wisata dll.

Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat terkenal di Kabupaten Tegal jawa Tengah atau tepatnya beralamat di Dukuh Pekandangan Desa Rembul, Kec. Bojong Tegal. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini memiliki keunikan berupa sumber air panas yang berada di kaki Gunung Slamet.

Sumber air panas ini berjumlah 25 buah dengan tingkat suhu yang berbeda beda. Air yang keluar dari Sumber air panas Guci ini dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain terkenal dengan pemandian air panas nya, pemandangan di sekitar Guci ini juga sangat menarik karena berlokasi di kaki Gunung Slamet sehingga nuansa pegunungan yang berhawa sejuk sangat terasa.

Pantai Purwahamba Indah

Letak Kabupaten Tegal yang berada di tepi Pulau Jawa membuat Kabupaten iniĀ  memiliki beberapa pantai yang diantaranya dijadikan sebagai tempat wisata karena memiliki pemandangan yang indah. Tempat wisata pantai di Tegal ini salah satunya adalah Pantai Purwahamba Indah.

Pantai ini memiliki sederet fasilitas yang sangat lengkap dari mulai kolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo cafe dll. Pantai Purwahamba Indah memiliki keindahan berupa warna air pantai yang biru jernih dengan ombak tak terlalu besar serta bibir pantai yan ditumbuhi nyiur yang subur. Jika anda berminat berkunjung ke pantai ini anda dapat mencari lokasinya di Jalan Raya Tegal – Pemalang kam 14.

Curug Putri

C:\Users\agung\Downloads\Artikel\1.jpg

Curug Putri ini juga memiliki pemandangan yang indah, yaitu berupa curug yang berada di tengah pepohonan yang rindang. Curug ini tidak setinggi Curug Cantel, yaitu hanya memiliki ketinggian 25 meter saja. Curug Putri ini berlokasi di perbatasan dua Kebupaten yaitu Kabupaten Tegal dan Brebes. Jalan akses menuju Curug Putri ini sangatlah mudah sehingga menjadikan Curug Putri ini sebagai tempat wisata di Tegal yang tak pernah sepi pengunjung.

Curug Cantel Bumijawa

Curug Cantel Bumijawa memiliki pemandangan yang indah yaitu berupa curug atau air terjun setinggi 60 meter. Dengan ketinggian itu maka air yang jatuh akan terasa sagat deras sehingga sangat tidak disarankan utnuk mandi di bawah air terjun ini secara langsung.

Namun sayang keindahan Curug Cantel Bumijawa belum bisa banyak dinikmati oleh khalayak ramai karena lokasi tempat wisata ini tersembunyi, yaitu terletak di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Akses untuk menuju lokasi wisata ini juga masih susah yaitu dengan tracking sejauh 400 meter dari jalan raya.

Agro Wisata Loco Antik

C:\Users\agung\Downloads\Artikel\1.jpg

Ingin menikmati lokomotif antik mengelilingi perkampungan dan perkebunan tebu ? Di tegal anda dapat menikmatinya yaitu di Agro Wisata Loko antik yang dikelola oleh PG.Pangka di Kabupaten Tegal yang merupakan bagian dari PTPN IV Jawa Tengah.

PG. Pangka ini merupakan perusahaan perkebunan dan pengolahan tebu peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda yang telah dinasionalisasi sebagai perusahaan Indonesia. Selain menikmati lokomotif antik, anda juga dapat mengujungi pabrik gula dan melihat secara langsung pembuatan gula pasir yang dilakukan dengan menggunakan mesin serta pada saat-saat tertentu khususnya sebelum musim dimulai akan dilaksanakan ritual temanten tebu, yang intinya adalah wujud rasa sukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang didapat pada tahun tersebut.

Demikian tadi 12 tempat wisata baik di Kabupaten Tegal maupun Kota Tegal Jawa Tengah. Jika anda sedang berkunjung ke Tegal atau memiliki teman kerabat di Tegal jangan lupa menyempatkan untuk berkunjung ke tempat tempat yang indah diatas