Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Dikunjungi Nasi Kalong

Selain terkenal dengan tempat wisata alam yang indah dan sejuk, Bandung juga terkenal dengan wisata kulinernya. Menawarkan berbagai macam tempat makan, kota Bandung akan membuat Anda bingung dengan banyaknya pilihan yang ada. Mau tahu tempat wisata kuliner di Bandung yang harus dikunjungi di sela-sela waktu liburan Anda? Berikut ulasannya.

Nasi Kalong

Kalong adalah sejenis binatang mamalia bersayap yang sering berkeliaran di malam hari. Tapi jangan salah, tempat wisata kuliner Nasi Kalong tidak menyajikan menu daging kalong. Hanya saja, tempat ini selalu ramai di malam hari sehingga populer dengan sebutan Nasi Kalong.

Nasi Kalong buka setiap hari mulai jam 7 malam sampai dini hari. Tempat ini adalah sasaran utama mereka yang sering kelaparan malam hari. Menjelang tengah malam, rumah makan Nasi kalong kian ramai dipadati pengunjung, bahkan dengan antrian yang memanjang.

Tempat kuliner Bandung yang satu ini memiliki menu favorit berupa nasi hitam dengan tak kurang dari 20 jenis lauk-pauk, seperti ayam goreng madu, tumis buncis bakar, tahu goreng, dan masih banyak lagi. Nasi hitam ini sebenarnya adalah nasi berbahan beras merah, hanya saja dimasak dengan menggunakan bumbu kluwak sehingga warnanya menjadi hitam.

Alamat Nasi Kalong: Jalan RE Martadinata (Jalan Riau) No. 102, Bandung

Sapu Lidi

Sapu Lidi adalah salah satu magnet wisata di daerah Lembang. Selain penginapan, Sapu Lidi juga menawarkan pengalaman makan dengan suasana pedesaan yang asri dan sejuk. Dengan tempat makan berupa saung di dekat sawah, Sapu Lidi menawarkan berbagai jenis masakan Sunda, Indonesia, sampai dengan masakan ala Eropa.

Kampung Daun

Tempat wisata kuliner di Bandung ini adalah salah satu tempat kuliner yang unik. Saat masuk ke lokasi, Anda akan disambut dengan nuansa country yang asri dan nyaman. Suasana tradisional begitu melekat di Kampung Daun, disempurnakan dengan hidangan kuliner yang khas Bandung.

Selain suasana layaknya pedesaan yang tenteram, Kampung Daun juga menawarkan suasana romantis di malam hari dengan efek smart lighting. Adapun makanan yang disajikan di tempat ini, misalnya batagor, iga bakar, surabi, steak, nasi liwet, nasi bakar, gurame bakar, sop buntut, bebek bakar, dan nasi timbel.

Alamat Kampung Daun: Jalan Sersan Bajuri KM. 4.7 Villa Triniti, Lembang, Bandung

The Valley Bistro Cafe

The Valley Bistro Cafe yang berlokasi di kawasan Dago adalah tempat wisata kuliner yang romantis di Bandung. Dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah, dilengkapi dengan penerangan berupa obor dan lilin pada malam hari, menjadikan restoran ini menjadi salah satu favorit pasangan muda yang ingin mengisi perut. Perlu diingat bahwa tidak ada kendaraan umum yang menuju The Valley Bistro Cafe, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi. Harga makanan di The Valley Bistro Cafe bisa mencapai 100.000 Rupiah per porsi.

Raja Rasa

Sudah pernah ke Raja Rasa? Tempat wisata kuliner di Bandung ini menawarkan menu andalan seafood dengan suasana nyaman, tenang, dan bercita rasa seni yang tinggi.

Resto ini juga menyajikan menu kuliner lain, seperti udang saos keraton, ayam bakar, kangkung hotplate, sop iga, gurami bakar Jimbaran, kerang hijau pedas, cumi goreng, sup kepiting, dan krapu saos kecap. Ada satu hal yang unik, restoran Raja Rasa juga menawarkan menu makanan yang bisa disantap hingga 4 orang.

Alamat Raja Rasa: Jl. Setra Ria No. 1, Bandung (depan Mall Setra Sari)

The Peak

Berjarak sekitar 40 menit perjalanan dari pusat kota Bandung, The Peak adalah sebuah restoran yang tidak hanya menawarkan makanan enak, melainkan juga menawarkan pemandangan kota Bandung yang sangat indah. Berlokasi di ketinggian lebih dari 1200 meter, tepatnya di Jalan Desa Karyawangi, The Peak menawarkan menu masakan barat dan lokal dengan harga mulai dari 20.000 Rupiah sampai dengan lebih dari 500.000 Rupiah. Menu paling oke di restoran ini adalah steak, steak yang ditawarkan ada bermacam-macam, mulai dari sirloin, tenderloin, rib eye, sampai dengan steak kobe. Tempat makan ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan kota Bandung dengan cara yang romantis dan mengenyangkan.

Maja House

Tempat wisata kuliner di Bandung yang satu ini tidak hanya disukai oleh warga Bandung, tapi juga wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Sembari menikmati menu kuliner yang nikmat di tempat ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam. Adapun menu favorit di tempat ini adalah spaghetti dan steak.

Resto kuliner yang juga satu lokasi dengan Hotel Stevie G ini tidak hanya menyediakan meja dan kursi sebagai tempat yang nyaman untuk bersantap, namun juga menyediakan kasur dan selimut untuk pengunjung yang tidak tahan dengan dinginnya udara di kawasan Lembang.

Alamat Maja House: Jalan Sersan Bajuri No. 72, Lembang, Bandung (Hotel Stevie G, Lembang).

Roemah Nenek Resto Cafe

Roemah Nenek Resto Cafe adalah tempat wisata kuliner Bandung yang cukup populer. Menyajikan berbagai jenis masakan seperti chicken taragon, nasi lidah jamur, pizza bakar, pasta, sampai dengan masakan lokal. Suasana restoran ini cukup nyaman dengan nuansa rumah klasik dan udara yang sejuk khas Bandung. Restoran yang beralamat di Jalan Taman Cibeunying Selatan nomor 47 ini juga dilengkapi dengan internet gratis untuk semua pelanggan Roemah Nenek Resto Cafe.

Atmosphere Resort Cafe

Bosan dengan suasana rumah makan yang monoton? Datang saja ke Atmosphere Resort Cafe, tempat wisata kuliner di Bandung yang belakangan sangat populer karena balutan nuansa interior yang romantis. Bagi Anda penggemar makanan khas Eropa namun dengan konsep tempat duduk lesehan, Atmosphere Resort Cafe adalah tempatnya.

Masuk ke area Atmosphere Resort Cafe, suasana ramai akan langsung terasa. Bagimana tidak, tempat ini berkapasitas lebih dari 650 pengunjung. Bagi Anda yang ingin makan malam bersama pacar, teman, atau keluarga tidak perlu takut kehabisan tempat. Bagi penggemar Steak, tempat kuliner ini juga direkomendasikan karena menu utamanya adalah Steak.

Alamat Atmosphere Resort Cafe: Jalan Lengkong Besar No. 97, Lengkong, Bandung

Yoghurt Cisangkuy

Beralamat di Jalan Cisangkuy nomor 85, Yoghurt Cisangkuy telah menjadi tempat nongkrong yang nyaman dengan menu yang sehat. Yoghurt sendiri merupakan sebuah produk hasil olahan dari susu fermentasi yang mempunyai banyak manfaat kesehatan. Tidak seperti yoghurt pada umumnya, Yoghurt Cisangkuy menawarkan yoghurt yang tidak asam, melainkan mempunyai berbagai pilihan raasa yang enak. Bukan hanya itu saja, yoghurt ini juga disajikan dengan buah, sesuai dengan rasa yoghurt yang dipesan, jadi bila Anda memesan yoghurt rasa strawberry maka di dalam yoghurt tersebut akan ada buah strawberry juga.

Selain rasa strawberry, Yoghurt Cisangkuy juga menawarkan rasa lain seperti rasa moka, lecci, coklat, dan anggur dengan harga yang terjangkau, hanya 9.500 Rupiah saja. Selain yoghurt, Anda juga dapat memesan beberapa jenis snack hangat seperti sosis goreng, kentang goreng, somay, batagor, sate, dan lain-lain.

Jigoku Ramen

Tempat wisata kuliner Bandung yang satu ini direkomendasikan untuk pecinta makanan Jepang, namun diolah secara khas ala Bumi Priangan. Rasanya enak, namun dengan harga yang jauh lebih murah dibanding makanan Jepang di restoran-restoran mewah.

Sajian olahan mie di Jigoku Ramen diproses secara manual tanpa menggunakan mesin dan tidak menggunakan tambahan zat pewarna. Dengan demikian, rasanya benar-benar alami. Adapun menu ala Jepang yang tersedia di Jigoku Ramen adalah Jigoku Ramen Original, King of Jigoku Ramen, Jigoku Ramen Sausage Beef Frank, Jigoku Ramen Meat Ball with BBQ Sauce, Jigoku Ramen Chicken Terriyaki, Jigoku Ramen Sirloin Blavia, dan Jigoku Ramen Ebi Furai.

Alamat Jigoku Ramen: Jalan Cikutra No. 143, Bandung

Nasi Goreng Mafia

Popularitas rumah makan juga dipengaruhi oleh namanya, seperti yang melekat pada Nasi Goreng Mafia. Selain menyediakan nasi goreng yang lezat, penamaan menu di sini umumnya menggunakan nama-nama unik.

Ada Nasi Goreng Gangster, Nasi Goreng Triad, Nasi Goreng God Father, dan masih banyak nama nasi goreng yang erat hubungannya dengan mafia.

Menu utama di rumah makan Nasi Goreng Mafia ini adalah Nasi Goreng Preman. Hidangannya memiliki rasa yang khas dengan racikan bumbu rempah kencur yang dominan. Rasanya sangat kuat sehingga cocok untuk lidah orang Indonesia. Uniknya lagi, Anda dapat memilih level pedas sesuai yang diinginkan.

Alamat Nasi Goreng Mafia: Jalan Purwakarta No. 28, Jalan Dipati Ukur No. 51, atau Jalan Jalaprang No. 24, Bandung