Tips Agar Mudik Tetap Hemat

Penghujung bulan Ramadhan selalu identik dengan mudik ke kota kelahiran masing-masing. Jika Anda memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi, kami akan memberikan tips agar mudik tetap hemat.

Hindari membawa terlalu banyak
Pasang Bagasi di Atap Mobil
barang bawaan. Selain mengancam keselamatan penumpang mobil, beban mobil yang makin berat membuat konsumsi bahan bakar makin tinggi.

Bobot mobil juga dipengaruhi oleh angin yang masuk saat kaca jendela mobil dibuka. Daripada membuka kaca, akan lebih efisien untuk menggunakan AC selama perjalanan.

sewa_mobil_rental_mobil_murah_tangerang_harian_bulanan_murah_jakarta_mudik_rent_car

Jika ingin mendapat udara segar, alangkah lebih baik berhenti di suatu tempat untuk memanjangkan kaki dan menghirup udara segar.

Sebelum berangkat, sebaiknya Anda mengecek tekanan angin di seluruh ban normal. Ban yang kempis akan membebani kerja mesin. Jangan sampai mesin mati di tengah jalan karena selain ribet juga akan mengonsumsi waktu perjalanan.

mb_93A5B3FF9AAB7527D91AD783A08AA7F5

Anda juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mematikan dan menyalakan mesin mobil.

Jangan menyalakan mesin mobil jika belum ada yang siap berangkat. Tunggu sampai semua sudah siap berangkat, baru nyalakan mesin mobil.

Begitu pula dengan mematikan mesin mobil, Anda sebaiknya tidak sering-sering mematikan mesin mobil. Jika hanya berhenti sesaat, seperti mengantre di pom bensin, Anda tidak perlu mematikan mesin mobil.

Pasalnya, ketika kembali menyalakan mesin mobil, pasokan bahan bakar yang dibutuhkan lebih tinggi. Jadi, sering menyalakan mesin mobil hanya membuat boros konsumsi bahan bakar.

Bagi pengemudi mobil bertransmisi manual, Anda bisa melakukan perpindahan gear ke-2 hingga ke-4 dalam waktu yang lebih cepat karena semakin tinggi percepatan, kerja mesin semakin ringan.

Untuk masalah kecepatan, gunakan kecepatan standar dengan menimbang keselamatan dan kenyamanan Anda beserta keluarga.

Tapi, Anda wajib tahu bahwa kecepatan 112 km/jam lebih boros 9 persen daripada 96 km/jam, dan lebih boros 15 persen disbanding 80 km/jam.

Sementara memacu mobil dalam kecepatan 128 km/jam lebih boros 25 persen daripada kecepatan 112 km/jam.

Jadi, usahakan untuk melaju pada kecepatan rata-rata yakni 80 km/jam.

Dengan mengikuti tips-tips diatas, dijamin mudik bersama keluarga lebih aman, nyaman, dan juga tetap hemat!