Toyota i-Road, Kombinasi Antara Sepedamotor dan Mobil

Setelah kemunculan pertamanya dua tahun lalu sebagai sebuah mobil konsep, kini Personal Mobility Vehicle telah membuat debut pertamanya pada Paris Motor Show 2014.

Personal Mobility Vehicle merupakan bentuk terbaru dari sebuah transportasi yang menawarkan fleksibilitas yang lebih untuk daerah perkotaan.

maxresdefault

PMV diklaim mampu memberikan kenyaman, weatherproof, kestabilan serta keamanan melebihi skuter serta sepdamotor.

Lebih jauh, kendaraan jenis ini akan menjadi sebuah transportasi masa depan roda dua yang sangat sesuai untuk daerah perkotaan karena kemudahan dalam bermanuver serta tak membutuhkan ruang parkir yang luas.

Toyota-I-Road2014-9

Selain itu, PMV menghasilkan hampir nol persen emisi gas selama pengoperasian dan membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan electric vehicle lainnya.

Hal ini tentu semakin memberikin PMV dari Toyota berbagai keunggulan sebagai conventional two-wheels, membuatnya mampu dikendarai tanpa harus menggunakan helm atau pakaian khusus pada kondisi cuaca apapun.

Desain dari i-Road sendiri telah mengalami tranformasi sehingga menghasilkan kendaraan konsep yang mampu menawarkan visibiltas, weatherproofing, keramahan serta kemudahan bermanuver.

Bagian sisi i-Road kini dilengkapi dengan jendela manual sehingga membuat i-Road sepenuhnya weatherproof.

Sebagai tambahan, akselerator serta brake pedals dari city car manapun tak akan mampu menyaingi desain fully-round steering wheel yang telah diadopsi untuk meningkatkan kemudahan serta keramahan dalam berkendara.

Dengan panjang 2,345 mm, tinggi 1,455 mm, lebar 870 mm serta wheelbase berukuran 1,695 mm Toyota i-Road didesain 5 mm lebih pendek, 10 mm lebih tinggi dan 20 mm lebih lebar.

Perubahan pada desain ini memberikan kemudahan bermanuver yang lebih lancar ketika berkendara pada lorong yang sempit serta memungkinkan untuk diparkir pada satu bar tempat parkir sebuah mobil.