Transformasi Yaris yang Hebat hingga Susah Dikenali

Pada tahun 2015 ini, Yaris Show Off (YSO) kembali digelar. Ajang pamer ini digelar dengan merubah tampilan hatchback kasta tertinggi Toyota di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Yaris mempunyai banyak pilihan konsep untuk mengubah tampilannya.

Salah satu modifikator yang ikut serta dalam ajang ini ialah
Calvin Manuel Augustino. Pria asal Pekanbaru ini mengusung konsep yang cukup berbeda. Terbilang cukup berani dan ekstrim modifikasi yang ia lakukan ini. “Aku sebut sebagai ‘Skyris’, bila dilihat dari depan tampak seperti Skyline namun dilihat dari belakang tetaplah hatchback Yaris,” jelas Eldian Hudaya, rekan modifikasi Calvin

yaris-wrc

Memang hampir semua bagian wajah dirubahnya, hanya bingkai lampu besar yang masih terlihat standar. Calvin menambahkan lips spoiler, canard dan kap mesin berbahan karbon sebegai pelengkap tema. Sebagai tambahan, ia juga merubah garis trapezium pada All-New Yaris dengan berganti kotak besar. Terlebih, lambang Toyota masih terpampang meskipun sedikit tersembunyi. “Jadi, mobil akan masih bisa dikenali meski tanpa identitas yang signifikan” imbuh Eldian lagi.

Demi sebuah totalitas ia juga meningkatkan performa pada Yaris nya ini. Terbatasnya waktu membuat internal mesin belum 100{9eb07d03fafba06b9f6f537101ce340a1621c874a41b7e0b66012a055709d407} selesai, namun sebagai tambahan tenaga didapat dari pemakaian system knalpot custom, tambahan piggyback dastek Q4, serta penggantian pada saringan udara tipe terbuka.

Dalam pemakaian harian, salah satu komponen yang mendukung ialah pemakaian coilover TEIN Sport Compact dan EDFC (Electronic Damping Force Controller) Active. Secara otomatis tingkat daya redam suspensi akan menyesuaikan beban gravitasi yang timbul dari gaya mengemudi. Disamping itu, untuk kenyamanan, suspensi dapat diatur secara manual dari sector kabin yang telah terpasang konsol.

Pada sektor interior, terdapat dua jok semi balap yang sangat menarik perhatian. Kombinasi yang sangat tepat dalam melengkapi kesan sporti pada Yaris ini. Ditambah lagi, berbagai komponen seperti panel dasbor, bingkai headunit, konsol tengah dan door trim yang berbahankan karbon. Ada juga head up display di pilar A, terlatak dekat  dengan pengemudi sebagai bantuan informasi mobil saat berkendara. Beralih ke sektor bagasi, nampaknya benar-benar tidak ada lagi ruang untuk meletakan barang. Dapat dilihat didalam bagasi terdapat enam buah speaker sebagai pelengkap performa audio.