Waspadai Aksesoris Mobil yang Membahayakan

Modifikasi menggunakan aksesori memang bisa membuat tampilan mobil jadi lebih keren. Namun jangan sampai komponen tersebut malah menimbulkan bahaya bagi pengemudi, berpotensi sebagai penyebab kecelakaan.

Membubuhkan aksesoris memang mampu menyulap tampilan mobil Anda menjadi lebih keren dan berbeda. Tetapi, dalam memodifikasi mobil jangan sampai aksesoris tersebut malah membuat mobil Anda rusak atau bahkan menimbulkan bahaya bagi Anda seperti kecelakaan. Berikut beberapa ulasan penting dari Imam Choiri, punggawa Bengkel modifikasi AP Speed mengenai aksesoris mobil.

1735414ertiga-modif2-ram780x390

  1. Audio
    Hindari mendesign subwoofer secera berlebihan, karena speaker depan yang menempel pada pilar A dapat mengurangi area visibilitas Anda ketika mengemudi. Disamping itu kondisi itu juga bisa membiat Anda tidak nyaman saat berkendara. Hindari pula menaikan volume hingga terkesan sangat keras. Hal ini sangatlah berbahaya karena suara klakson dari mobil lain akan sulit anda dengar dan ketika melewati perlintasan kereta, Anda akan sulit pula mendengarnya.

“Apabila Anda ingin memasang audio yang berkualitas baik, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan lingkup ruang dan sesuaikan pula setelan arus listrik agar tidak mengganggu komponen yang lain seperti aki dan computer.” Jelas Apre.

 

  1. Monitor
    Tambahan monitor pada sector kabin memang menyenangkan dan menghibur, karena bisa mengurangi kejenuhan selama perjalanan terlebih apabila kemacetan sedang melanda. Namun, bagi Anda yang sedang mengemudi sangat tidak di sarankan untuk menontonya, hal ini sama bahayanya sengan menelepon atau SMS ketika sedang mengemudi. Ada baiknya Anda tidak meletakan TV pada baris depan. Pada sebagian mobil biasanya monitor atau TV baru akan bisa di tonton ketika mobil dalam keadaan berhenti karena tersambung dengan sensor keceptan.

 

  1. Dasbor

Sebagian dari Anda pasti sangat senang meletakan pengharum mobil, tisu atau hiasan-hiasan kecil di dasbor mobil. Namun tahukah Anda, meletakan benda-benda tersebut di dasbor mobil rentan menimbulkan kecelakaan mobil. Hal ini karena bila Anda melewati jalan yang tidak rata atau ketika Anda mengerem secara mendadak, benda-benda tersebut akan berpindah atau jatuh, kondisi tersebut akan membuat konsentrasi mengemudi Anda terganggu, secara reflek Anda akan menangkap bahkan membungkuk mengambil benda-benda yang jatuh.